IMPLEMENTASI TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) PADA SEKOLAH NU DAN MUHAMMADIYAH

Munjahid Munjahid

Abstract


Masyithah’s kindergarten Bandung Sewon Bantul (TK NU) and ABA’s  kindergarten Nitikan Yogyakarta (TK Muhammadiyah) are two kindergartens implement total quality management. Both of the kindergartens, which equally Islam has been accredited with a rating of A. However, both Kindergartens were organized by two Islamic organizations, namely NU and Muhammadiyah. Both kindergarten above both use total quality management but with drip at a series of implementation on a different domain. The impact of the implementation of total quality management in both the kindergartens are the achievement of the vision, mission and goal. Difference in both of  kindergartens is that the progress made by Masyithah’s kindergarten are slowly but surely (evolution), while progress has been made in Nitikan ABA’s Kindergarten is dynamic.

Keywords


evolusi, dinamis, ikhlas produktif, ikhlas professional

Full Text:

PDF

References


Artzt, Edwin L.. “Memajukan TQM”, dalam In Search of Quality 4 Oerspektif dan 43 Wawasan Unik, Jakarta: tp., 1997.

Brosur penerimaan peserta didik Tk ABA Nitikan Yogyakarta, Tahun 2009.

Cullen, Jack and Len D'Innocenzo, Memaksimalkan Kinerja, Yogyakarta: Tugu Publisher, 2004.

Data TK Masyithah diperoleh dari wawancara dengan Misbahul Munir (Pengelola dan Pendidik) TK Masyithah Bandung Sewon Bantul pada tanggal 17 Maret 2010.

Data TK ABA diperoleh dari Brosur penerimaan peserta didik TK ABA Nitikan Yogyakarta tahun 2009.

Ditosudarmo, Indrio. Manajemen Pemasaran, Yogyakarta: BPFE, 2000.

http://mahalaniraya.wordpress.com/2008/03/01/pendekatan-total-qualiti-managemen-tqm-dalam-pendidikan. Diakses tanggal 9-4-2010

Jalal, Fasli. Acuan Menuju Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Dini usia (Menu Pembelajaran Generik), Jakarta: Derektorat Jenderal Pendidikan Luar Sekolah dan Pemuda, Departemen Pendidikan Nasional, 2002.

Kertojoyo, Hermawan. Boosting Loyalty Marketing Performance (Menggunakan Teknik Penjualan Customer Relationship Management, dan Servis untuk Mendongkrak Laba), Bandung: PT Mizan Pustaka, 2007.

Kunaepi, Aang. Pendekatan Total Quality Management (Revitalisasi dan Optimalisasi Manajemen Madrasah Sebagai Pendidikan Islam Menuju Pendidikan Alternatif, dalam An-Nur Jurnal Studi Islam STIQ An-Nur Yogyakarat, Vol. II, No. 4, Februari 2006.

Wawancara dengan guru “Y” tanggal 3-9-2010 di TK ABA Nitikan.

Wawancara dengan Dra. Hj. Jundanah (Kepala TK ABA Nitikan) pada tanggal 23 November 2010 di kantor TK.

Wellins, Richard S.. TQM: Memimpin di Depan atau Tertinggal, dalam In Search of Quality 4 Oerspektif dan 43 Wawasan Unik, Jakarta: tp., 1997.






View My Stats