Peace Education sebagai Resolusi Konflik Studi Kasus di Forum Persaudaraan Umat Beriman (FPUB) DIY

Imam Machali, Zainal Arifin, Ahmad Rodli

Abstract


Artikel ini mendeskripsikan peace education sebagai resolusi konflik dan bentukbentuk
resolusi konflik berbasis keagamaan yang dilakukan oleh Forum Persaudaraan
Umat Beriman (FPUB) di Daerah Istimewa Yogyakarta.Hasil penelitian menunjukkan
bahwa kegiatan FPUB dalam resolusi konflik dilaksanakan melalui empat bentuk
yaitu; Pertama, diskusi dan dialog antar umat beragama yaitu sebuah gerakan kultural
yang berusaha menyelami, memahami, dan menumbuhkan saling pengertian terhadap
persoalan-persoalan riil yang dihadapi oleh masyarakat. Kedua, aksi solidaritas sosial yaang
dilakukan oleh FPUB berkaitan dengan keprihatinan atas situasi politik, sosial, ekonomi,
dan budaya. Ketiga,aksi damai dan do’a bersama.Keempat, pendidikan perdamaian yaitu
proses menerima dan menghargai perbedaan sebagai bentuk deradikalisasi dan resolusi
konflik (conflict resolution)dalam rangka membangun hubungan antar umat beragama
yang terbuka, egaliter dan penuh kedamaian. Bentuk-bentuk pendidikan perdamaian
dilakukan adalah kedamaian dan anti kekerasan, hak asasi manusia, demokrasi, toleransi,
pemahaman antar bangsa dan antar budaya, serta pemahaman perbedaan budaya dan
bahasa.

Full Text:

PDF




View My Stats