Manajemen Pengembangan Sumber Daya Pendidik di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Al-Hidayah Purwogondo Kalinyamatan Jepara

Imam Machali, Fia Ainul Munawaroh

Abstract


Artikel ini mengkaji tentang Manajemen Pengembangan Sumber Daya Pendidik
di Taman Pendidikan Alquran (TPQ) Al-Hidayah Purwogondo Kalinyamatan Jepara.
Artikel ini bertujuan untuk menganalisis serta mendeskripsikan pelaksanaan manajemen
pengembangan sumber daya pendidik di TPQ Al-Hidayah. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa pelaksanaan manajemen pengembangan sumber daya pendidik di TPQ Al-Hidayah
dilaksanakan dengan empat tahapan yaitu menentukan program, proses yang dibutuhkan
lembaga, menyusun program, proses perencanaan pengembangan yang disesuaikan dengan
visi, misi, dan tujuan TPQ, melaksanakan program, dan proses yang telah direncanakan,
serta mengevaluasi pelaksanaan program yang telah dilaksanakan. Adapun faktor yang
mendukung dalam pelaksanaannya adalah kuantitas sumber daya pendidik yang tidak
terlalu banyak, motivasi yang tinggi baik dari kepala TPQ maupun dari asātiż serta
berbagai dukungan dari masyarakat, Pemkab Jepara, dan dari lembaga Qiroati pusat.
Sedangkan faktor yang menghambat adalah keterbatasan waktu yang dimiliki oleh asātiż
serta keterbatasan dana yang ada.

Full Text:

PDF




View My Stats